Jenis-Jenis Propolis dari Seluruh Dunia

Sunday, December 15, 2013

Kita tahu lebah ada diseluruh negara di dunia ini. Jenis-jenis lebah pun bermacam-macam tergantung lingkungan hidup dan iklim dari tempat tinggalnya. Propolis berasal dari madu, maka jenis propolis yang ada di dunia ini sangat banyak bukan? Tidak mesti seperti itu. Ternyata meskipun semua lebah didunia ini menghasilkan berbagai macam jenis propolis yang berbeda satu sama lain, ternyata tidak semuanya bagus dan memenuhi standar untuk dijadikan obat.

jenis propolis yang paling bagus
Lebih mudahnya kita bagi asal dari jenis-jenis propolis dari 3 wilayah yang menjadi penghasil jenis propolis terbesar dan terbaik untuk dijadikan obat herbal. Negara-negara penghasil jenis propolis yang bagus tersebut adalah china/taiwan, new zealand/australia dan tentu saja brazil. 3 negara tersebut memang penghasil jenis propolis terbaik namun jenis propolis yang dihasilkan dan kadar khasiatnya tentu saja berbeda.

Menurut penelitian para ahli, propolis Brazil memiliki kandungan Bioflavonoids paling tinggi dibandingkan dengan propolis dari wilayah lainnya. Hal ini dikarenakan alam di Brazil masih asli dan dilindungi oleh pemerintahan setempat, serta iklimnya juga bagus. Selain itu di Brazil terdapat jenis tumbuhan bernama Bacharis Dracunculifolia dan Dalbergia sp, yang memiliki kandungan Bioflavonoids tinggi, dimana kedua tumbuhan ini merupakan makanan utama lebah disana.

Selain karena kandungan bioflavonoidnya paling tinggi, propolis yang berasal dari brazil juga berasal dari  jenis lebah yang disebut lebah madu Afrikanisasi (Africanized honey bees / AHBs). Lebah madu Afrikanisasi atau yang bernama ilmiah (Africanized honey bees / AHBs) adalah jenis lebah penghasil madu dan jenis propolis paling berkhasiat dan yang paling produktif diantara jenis lebah madu lain. Jenis lebah Afrikanisasi ini memiliki sistem imun yang lemah, sehingga propolis yang dihasilkan harus lebih kuat agar sarangnya tidak terinfeksi virus, bakteri, ataupun jamur. Semakin rentannya lebah memiliki daya tahan tubuh maka jenis propolis yang dihasilkan menjadi semakin baik untuk pengobatan.

0 comments:

Post a Comment