Cara Penggunaan Propolis Yang Tepat dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Tuesday, December 3, 2013

Cara penggunaan propolis secara umum sebenarnya tidak mengacu pada dosis kaku yang harus tepat hingga ukuran mili. Hal ini dikarenakan tidak adanya efek samping yang berbahaya akibat mengkonsumsi propolis secara berlebih. Namun untuk memudahkan konsumen untuk menentukan takaran yang tepat berikut kami berikan beberapa tips takaran dan cara penggunaan propolis.

cara guna propolis,dosis propolis
  • Propolis digunakan dengan cara diminum yaitu dengan cara mencampurkan cairan propolis dengan air hangat atau air dengan suhu ruangan. Ingat bahwa gunakan air hangat atau air bersuhu ruangan. Jangan gunakan air dingin atau air panas. Hal ini akan mematikan kadar zat bermanfaat yang terdapat pada propolis. Setelah dicampurkan kedalam air dengan takaran air setengah gelas maka aduk air tersebut dengan sendok plastik. Jangan mengaduk dengan adukan yang berunsur logam karena hal ini dapat mengakibatkan reaksi yang melemahkan khasiat propolis.
  • Cara penggunaan propolis untuk orang sehat atau orang yang ingin mencegah timbulnya penyakit maka dapat meminum propolis sebanyak 1 tetes untuk setiap berat badannya dan dibulatkan keatas dengan kelipatan sepuluh. Contoh konsumen memiliki berat badan 57kg maka yang disarankan diminum adalah 6 tetes propolis dalam campuran setengah gelas air hangat.
  • Cara penggunaan propolis untuk orang sakit atau pencegahan adalah dengan cara yang sama yaitu menghitung berat badan penderita. 1 tetes propolis untuk setiap 10kg berat tubuh. Di minum 3 kali sehari dan setiap minggunya dosis dinaikkan satu tetes. 
  • Cara penggunaan dan dosis propolis untuk anak-anak dan ibu hamil. 1-2 tetes propolis diminum 3 kali sehari. Dapat dicampurkan pada makanan anak atau minuman sehat anak seperti susu atau jus.
  • Cara penggunaan propolis untuk penyembuhan luka luar adalah dengan cara mengoleskan propolis langsung ke tempat radang. Contohnya penderita sariawan maka bisa menggunakan kapas untuk mengoleskan propolis ke radang sariawan.
  • Penggunaan propolis untuk penyembuhan bisa disandingkan dengan konsumsi obat lain. Hal ini tidak menimbulkan efek samping berbahaya karena propolis tidak bereaksi terhadap kandungan obat lain. Bila timbul gejala semacam efek samping ringan maka itu hanyalah efek reaksi balik tubuh dalam menerima propolis. Hal ini biasanya menandakan tubuh memberikan rangsangan balik dan obat sudah bekerja dengan baik.
  • Saat mengkonsumsi propolis maka selalu jaga asupan makanan anda. Tetap hindari makanan yang memiliki efek buruk kepada penyakit anda dan hindari segala makanan atau minuman yang dilarang oleh dokter. Konsumsi air putih dalam jumlah banyak. Semestinya manusia memerlukan 8 gelas air sehari untuk beraktivitas.
 Untuk berbagai macam penyakit spesifik lainnya beberapa takaran memiliki perbedaan dalam fase peningkatan dosis. Hal ini dikarenakan tergantung pada seberapa parah penyakit yang di derita. Takaran untuk penyakit dan level tertentu ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Tetap sehat tetap semangat dan selalu maksimal. Nantikan artikel kami selanjutnya untuk informasi lebih jauh mengenai obat mujarab propolis. Selamat beraktivitas.

1 comments:

Unknown said...

Mau tanya,benarkah propolish bisa digunakan (asal terbungkus rapi),tidak ada batasan pakainya? Terima kasih

Post a Comment