E-book Cara Berternak Trigona Propolis PDF

Sunday, December 29, 2013

Beternak propolis menjadi bisnis yang cukup menjanjikan akhir-akhir ini. Dengan banyaknya perusahaan yang mampu mengekstrak propolis saat ini permintaan propolis mentah menjadi semakin tinggi. Hal ini tidak di sia-siakan oleh pebisnis lebah madu propolis yang menjadikan bisnis ini menjadi ladang emas.
kandungan propolis pdf

Ada beberapa jenis propolis yang mudah diternakkan tanpa perlakuan yang terlalu rumit. Salah satu jenis lebah madu propolis tersebut adalah jenis triogona. Lebah trigona telah dikenal sebagai spesies endemik asia yang menghasilkan madu dengan rasa agak asam. Lebah ini menghasilkan propolis dengan jenis yang tidak kalah baik dengan propolis dari lebah propolis brazil dan australia.

Mengapa lebah madu propolis trigona cocok untuk diternakkan?

Ini dikarenakan lebah trigona terbiasa hidup di alam bebas tanpa memerlukan perhatian khusus. Propolis trigona tidak perlu digembalakan, tidak membutuhkan polen dan nektar karena hanya membutuhkan getah yang selalu disediakan. Selain itu lebah madu trigona juga tidak memiliki sengat sehingga tidak membahayakan saat dipanen. Keuntungan lain berternak lebah propolis jenis ini adalah lebah ini menghasilkan propolis lebih banyak dari jenis lain karena ia tidak banyak menghasilkan madu melainkan propolis, jenis trigoan lebih tahan penyakit dan hama karena sedikit menghasilkan madu maka tidak diincar predator, produksi lebah ini juga setiap waktu karena untuk menghasilkan propolis membutuhkan getah tanaman dimana getah itu dapat ditemukan dalam batang pohon sepanjang tahun.

Beberapa sumber memberikan panduan untuk beternak lebah madu dalam bentuk propolis pdf. E-book tersebut biasanya berisi pengalaman para peternak lebah jenis dalam dalam masa awal pembuatan dan pemeliharaan. Ada banyak sumber yang memberikan ebook propolis pdf untuk pengenalan bisnis yang masih tergolong baru ini. Begitu juga dengan kami. Berikut kami berikan link ke propolis pdf untuk anda pada tulisan dibawah ini. Tinggal klik tulisan biru tersebut dan anda akan mendapatkan ebook propolis dalam bentuk PDF;

Ebook Cara Beternak Trigona Propolis PDF

Keuntungan Berbisnis Propolis Trigona

Modal kecil
Beternak propolis trigona hanya membutuhkan modal yang kecil, tidak harus banyak. hanya modal awal yang digunakan untuk pengadaan bambu untuk digunakan sebagai sarang lebah dan keuntungan lainnya lebah ini tidak rewel termasuk tidak perlu menggembala lebah pada saat paceklik nektar dan polen tanaman

Resiko
Sangat kecil resiko beternak lebah jenis ini khususnya karena serangan predator kepada lebah madu trigona. Selain itu juga perginya lebah dari sarang yang kita sediakan juga semakin kecil kemungkinannya.

Keuntungan tinggi
Bila hasil produksi lebah dalam bentuk madu dihargai Rp 20.000 – Rp 30.000, namun propolis dihargai berlipat-lipat antara Rp 100.000 – Rp 350.000 perkilonya.

Perhitungan laba rugi beternak lebah propolis trigona.

Modal Usaha :
·         2 batang bambu @ Rp 20.000 (bisa untuk 30 bendala)   Rp  40.000
·         Tali ijuk 50 m                                                                           Rp 100.000
·         Ongkos tukang                                                                        Rp   50.000
                                                                                  Rp              190.000
Keuntungan
*Panen dari 30 bendala x 250 gr/bendala x  Rp 300.000 = 2.250.000



0 comments:

Post a Comment